Menjadi seorang designer freelancer pemula, khususnya di bidang saya tekuni juga, yaitu di bidang User Interface atau singkatnya UI. Hal apa saja sih, yang perlu kamu ketahui sebelum terjun di dunia freelancer. Di artikel kali ini saya ingin berbagi pegalaman memulai karir sebagai freelancer. Awal mulai saya berkarir di dunia freelancer awalnya memang di dasari dengan kebutuhan materi 😃 .

Teman saya kebetulan menawarkan saya pekerjaan freelance design website waktu itu. Di karenakan saya lagi butuh uang, ya sudah saya tekad menyanggupi, jujur saja saya tidak punya background desainer. Namun waktu itu saya berprofesi sebgai QA (Quality Assurance) jadi setidaknya saya tahu mana website yang bagus dan mana webiste tidak bagus.

Nah itu singkat ceritnya, hal apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi freelancer designer pemula

Baca juga artikel lainya

Sketch, Figma atau AdobeXD Pilih mana?
Cara Menghitung Harga Design Di Upwork
Cara Membuat Estimasi Project Dan Revisi Design Di Upwork
Tips submit proposal upwork lebih cepat diterima
Tips Membuat Profile Upwork Lebih Menarik

1. Menguasi design tool

Menjadi seorang designer baik fulltime atau freelancer, setidaknya kamu harus bisa menguasi hal basic penggunaan design tool. design tool paling umum yang sering di gunakan, yaitu photoshop. Waktu awal saya dulu, photoshop lah satu-satunya yang bisa membuat design website, namun se-iringin perkembangan zaman, banyak tool yang dikhususnkan untuk membuat design website atau mobile. Seperti sketchapp, AdobeXD, Figma , dll. Untuk pembahasanya bisa kamu lihat artikel sebelumnya. Tidak usah harus jago, tapi setidaknya bisa menggunakan basic tool. seperti rectangle, circle, vector tool dan masih banyak lagi. Karena membuat sebuah design website hanya membutuhkan tool basic saja.

2. Ikuti design trend

Kamu setidaknya haru tahu dengan website yang mana bagus, dan mana buruk. Jika kalian tipikal orang sering surfing website-website baik lokal maupun luar, tentu dengan mata telanjang kamu, tahu bagus enggaknya. Juga sering-sering buka situs situs seperti behance, pinterest, dribbble , awwwards, uplabs atau website-website yang menyediakan contoh-contoh design user interface.

3. Bahasa

Ya, bahasa. Penguasaan bahasa ini sangatlah penting bagi yang ingin memulai karir menjadi seorang freelancer. Dan kebanyakan situs layanan freelancer itu hampir semuanya diluar negri. Jadi kamu harus bisa setidaknya penguasaan bahasa inggris. Ya minimal text atau chat sudah cukup, tidak harus bisa speaking. Tapi itu di rekomendasikan, ya untuk pemula text saja sudah cukup, ingat jangan terlalu mengandalkan Google Translate. Saya rekomendasikan guankan aplikasi bernama Grammarly. Apliaksi itu cukup membantu untuk mengkoreksi grammar tulisan kamu.

4. Design Portfolio

Designer tanpa portfolio, bagaikan tidak mempunyai CV. Ya saya sangat merekomedasikan walaupun kamu seorang pemula setidaknya mempunyai beberpa portfolio, untuk menjadi showcase. Pemula bisa membuat terlebih dulu, desain konsep-konsep saja dulu, yang penting goalnya desain yang kamu buat terlihat bagus. Saya rekomendasikan ikuti design challenge, seperti di website dailyUI.

5. Portfolio Site

Designer wajib gak wajib sih, tidak mempunyai portfolio site, tapi masa mau portfolio di simpan di word, atau pdf. Kurang cocok. Setidaknya kamu mempunyai Profile di beberapa situs portfolio, seperti dribbble, behance, deviantart atau uplabs. Dengan kamu mempunya portfolio site kamu bisa lebih percaya diri saat melakukan apply project. Plus apalagi kamu sudah banyak followernya dan terkadang dengan sering kamu melakukan upload hasil karya kamu disana, biasanya kamu mendapatkan client baru atau bahkan pekerjaan baru. Saya sangat bersyukur banget malah, karena punya portfolio mendapatkan pekerjaan full-time di salah satu agency terbaik di indonesia.😄

Nah itu 5 hal yang perlu kamu ketahui sebelum menjadi seorang freelancer designer pemula. Semoga dengan artitkel yang saya buat, dapat bermangfaat dan dapat bisa menjadi inspirasi. Semangat dan jangan mudah menyerah jika kamu ingin menjadi seorang freelancer sukses. Karena semua orang memulai karir mulai dari nol terlebih dulu. By the way, saya sudah hampir 7 tahun menjadi seorang freelancer, dan alhamdulilah saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan juga bisa membantu orang tua.

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.