Tulisan saya kali ini, adalah kelanjutan pembahasan cara belanja barang di Taobao dengan mengguna jasa layanan fowarder bernama superbuy. Saya hanya membahas cara melakukan pegiriman barang dari Warehouse superbuy ke Indonesia. Jika kalian belum tahu caranya bagaimana silahkan baca terlebih dulu tulisan sebelumnya:

 Cara Belanja di Taobao pake debit kartu indonesia (Part 1)

Baca juga artikel yang lainya:

Cara Membayar Pajak Impor Dari Alibaba Atau Aliexpress
4 Hal Wajib kamu ketahui sebelum belanja di Alibaba
Tips memulai berjualan di Online marketplace tokopedia, bukalapak atau shopee
Bayar Paket Kiriman Luar Negeri via DHL VS POS Indonesia
Cara Kirim Bukti Transaksi Ke Beacukai
Cara Melakukan Penawaran Belanja di Aliexpress

Langkah Pengiriman Barang

Status order pembelian yang tadinya ada di halaman my order, secara otomatis akan terdapat di halaman menu warehouse. Di menu tersebut berfungsi untuk menginformasikan bahwa barang yang kamu beli dari taobao sudah samapai digudang penyimpanan, dan paket dapat di kirim ke alamat kamu. Nah caranya bagimana? sebenarnya serupa dengan dengan cara kamu melakukan pembelian barang, namun bedanya disini kamu memilih layanan pengiriman.

Langkah Pertama, Masuk ke halaman warehouse, lalu pilih barang yang kamu akan kirim ke alamat pengiriman kamu. Di halaman tersebut informasi yang di tampilkan hanya berupa detail ukuran dan berat keseluruhan barang yang akan di kirim. Jika kamu bisa melihat barang telah di beli. Pihak sana kan mengecek terlebih dulu apakah barang yang dibeli sudah sesuai dengan yang kamu inginkan atau belum. Pihak sana hanya melakukan pengecekan secara fisik.

cara belanja barang di Taobao

Langkah Kedua, Pilih kurir. Di langkah kedua kamu di berikan beberapa opsi jasa pengiriman yang siap mengirimkan barang kamu ke tempat tujuan. Contoh yang saya sertakan saya mengguanakan jasa pengiriman menggunakan e-Parcel atau China Post kalau gak salah. Kenapa? karena lebih terjangkau dan barang yang saya beli gak terlalu urgent jadi santai saja. Durasi pengirimanya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Jika kamu merasa butuh cepat bisa menggunakan jasa pengiriman seperti DHL namun jika menggunakan DHL/FeDex dan lainya, perlu kamu ketahui mereka akan membebankan jasa layanan bisa di bilang ada biaya extra ya. karena kan itu perusahaan swasta. Klo e-Parcel(EUB) itu yang punya china postnya atau pemerintah, Ya kaya kita punya POS Indonesia. Jadi tidak ada biaya extra-extra.

cara belanja barang di Taobao

Di halaman ini juga kamu bisa menentukan berapa nilai barang yang akan di tuliskan oleh pihak superbuy, pada saat proses pengirman. Berfungsi sebagai pemeriksaan beacukai, tau lah ya, kalian. Gak usah saya jelaskan. Silahkan masukan nilai barang dengan kurs dollar. Perlu kalian ingat barang di atas USD 5, akan di kenakan pajak oleh pemerintah Indonesia sejak per januari 2020 (pas dollar lagi naik-naiknya 1500an ke atas). Ya jika barang kamu beli lebih dari USD 5, maka akan di kenakan pajak. ya biasanya sih gak lebih dari 100rb jika barang di atas USD 5 – 50 (berdasarkan pengalman).

cara belanja barang di Taobao

Langkah Ketiga, kamu akan diarahkan ke halman pembayaran, halaman pembayaran sama ya, seperti di artikel part ke 1 yang telah saya bagikan di bagian pembelian barang. tidak jauh berbeda. jika pembayaran berhasil maka kamu akan di arahkan ke halaman payment completed seperti gambar di bawah ini:

Setelah melakukan pembayaran, silahkan di tunggu beberapa hari untuk mendapatkan tracking number. Ya biasanya sih tracking number tidak langsung ke update. butuh waktu beberapa hari. Namu kalian tidak usah khawatir, barang pasti sampai kok cuman waktunya agak lama. Saran saya gak usah di tunggu-tunggu. Jika sudah lebih dari batas yang di tentukan misal lebih dari 2 minggu barang belum sampai juga silahkan kontak pihak sana.

Pihak sana akan membalasnya dengan cepat. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan jasa dari superbuy cukup puas ya dan terjamin dibandingkan kamu menggunakan jasa forwarder perorangan dengan cuman modal whatsapp saja. kurang trasfaran. Kalo kamu bisa lakuin sediri kenapa harus butuh bantuan orang lain, ya kan. Semoga terjawab sudah cara melakukan pembelian dan pengiriman barang atau cara belanja barang di Taobao

Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

41 Comments

  1. Sigit Budi Darmawan Reply

    Bolehkan berbagi kontak? Saya udah lama blunder cara impor dan gatau biayanya mahal apa enggaknya. Btw tulisannya membantu banget.

    • Jika ada pertanyaan, silahkan tinggal komen saja ya, mas. apa pertanyaanya, silahkan di utarakan. saya tidak menerima 1 on 1 Session. 🙂 mohon maaf. Tulisan yang saya buat adalah berdasarkan real case, dan saya mencoba. Kalau masih takut dengan impor, saran saya coba mulai dari hal yang kecil dulu saja, misalnya membeli barang dari Aliexpress. start mulai dari barang under $50. next coba tinggkatin. nanti lambat laun mas tau caranya, dan bagaimana cara handlenya. pengalaman adalah hal yng berharga. mengenai pajak sudah saya tulis juga kok. silahkan di cek artikel saya mengenai masalah pajak.

  2. Sigit Budi Darmawan Reply

    Kalo untuk aliexpress dulu sering sebelum ada pajak 5dolar. Cuma kalo aliexpress tinggal bayar yaudah gitu. Nah kalo taobao atau weidian kan gabisa tuh ke indo yang mana harus pake jasa forwarder. Makanya ini mau coba dulu.

    • Secara teknisnya sama kok. silahkan di coba, pasti nanti tahu kok. flownnya sudah saya terangkan di artikel part ke dua ini. semoga dapat membantu, dan jangan lupa dicoba.

  3. Kalau untuk barang kosmetik berbentuk cairan apakah bisa lewat superbuy dan dikirim ke Indonesia? Apakah masnya ada pengalaman?

    • Saya belum pernah beli barang berbentuk cairan, beli barang apapun bisa saja di superbuy. Cuman perlu di ingat barang2 kosmetik seperti itu biasanya agak ketak masuk ke indonesia.

  4. Luqman Alfarisi Reply

    total yg dibayar jadinya brp om ? sampe kerumah
    kebetulan lagi cari case mini itx juga dari china

  5. Itu underdeclare yg sistem gimana ya? Misalnya barang saya harga $100 terus saya isi $90, barangnya langsung jadi $90? Atau $100 – $90 jadi $10

    • itu di gunakan untuk memasukan nilai harga barang, untuk clearance invoice. Jika nilai harga barang pada saat kamu beli $100, dan di clearance invoice $90. Maka akan tulis pada invoicenya adalah $90. Namun perlu di ingat, jika harga dituliskan melaupaui jauh dari harga sebenarnya, biasanya pihak beacukai akan melakukan double check. Jadi saya sarankan masukan nilai barang sesuai aslinya.

  6. Luqman Alfarisi Reply

    itu bea nya brp om ?
    sama beli psu flex nya disana sekalian gk ?

    • Waktu saya beli dan kebijakanya dari beacukai, di bawah $75. masih tidak terkena pajak. Kalu kamu beli beli sekarng misalnya. itu akan di kenakan pajak. nilai pajaknya berapa saya kurang tau. PSU yg di beli itu harganya sekitar $35. jika tidak salah. ya mungkin kena 100-150rbuan. pajaknya.

      Waktu itu saya beli PSU flex secara terpisah dengan casenya.

  7. Boleh gak sih kita pesan sendiri di aplikasi taobaonya , tidak melalui superbuy gitu. Dan kalau udh di kirim ke superbuy, masih ada ya ongkir untuk ke rumah kita sendiri.

    • Taobao, gk bisa langsung kirim ke luar negeri. hanya bisa mengirim lokal market sana saja. ya mirip kaya marketplace local dikita. Jika menggunakan superbuy, kamu harus membayar biaya pengiriman baik pada saat belanja dari taobao ke superbuy warehouse, dan dari superbuy warehouse ke rumah kamu. pengirimanya relatif murah kok klo menurut saya.

  8. kalau beli 1 baju sayang ya beli taobao? bingung olshop yg PO baju dari cina itu beli dimana

    • Kalo beli satu pcs, iya. Nanggung sih. Sbrnnya tergantung klo baju yg d beli mahal ya mungkin bisa murah jatohnya.

  9. Boleh tau terakhir Mas Dei belanja di TaoBao kapan? Karena saat ini pengiriman ke indo suspended 😔.

    Barang saya jadi ketahan di superbuy

    • Terkhir saya belanja di taobao melalui perantara superbuy 6 bulan, yg lalu. Mungkin coba di tanyakan ke pihak customer servicenya. bisa jadi gara-gara pademi juga sih mas.

  10. saya beli case mini itx juga. tapi pengirimannya mahal banget. via EUB ga ada sih om. hiks.

  11. Hi! First of all, thank you ya buat taobao guidenya. Saya mau tanya kalo pakai superbuy itu harga yg dibayarkan belum termasuk pajak ya?

  12. Kendy Kienlinz Reply

    Ia nih, mereka po baju taobao gimana caranya ya? Sudah ketemu caranya belum?

  13. Pajak yang dibayarkan di beacukai itu hanya dari harga barang saja, atau harga barang + harga shipping E-parcel(EUB)?

  14. Oiya, kalau harga shipping itu gak terpatok CN ¥100 kan ya? Tergantung berat dan dimensinya ya? Kalau yg punya Anda CN ¥100 itu berat berapa dan dimensinya bagaimana ya?

    • Iya, shipping cost itu tergantung dari berat dan dimensi, kebetulan punya saya barang gak terlalu besar. jadi mereka mematok harga segitu.

  15. Adrian Hartanto Reply

    kl bolrhntau keuntungan jasa forwarder apa ya? masudnya dari taobao sendiri kalo gasalah bisa kirim langsung ke indo? maap belum pernah jajan di taobao

    • Dari website taobao itu gak bisa kirim barang dari luar china. juga website taobao bahasanya gak bisa pake bahasa inggris, kalaupun pake google translate tetep rancu. dan di tutup untuk pengguna luar untuk bertransaksi. ya intinya belum bisa pada saat saya coba. klo sekarang sudah bisa, saya kurang tahu.. keuntungan pake jasa forwarder ya mereka bakal handle pembelian dari taobaonya. intinya forwarder itu seperti jasa titip ya. Silahkan di coba biar paham dan mengerti ya.

  16. Untuk jenis kiriman EUB juga masi bisa dilacak pas masuk indo-ny? Atau hanya bisa dilacak hanya di cina saja? //soalny ada jenis pengiriman murah yg ternyata hanya bisa dilacak ketika paket masih di negara pengirim, sedangkan untuk sampai di negara tujuan tidak bisa dilacak

    • Dei Reply

      Cek d website pos biasanya bisa. Tp lebih detailnya di trackingnya sana.

  17. terima kasih! infonya sangat bermanfaat nanti saya coba praktikan!

  18. mas itu untuk ongkir ke indonesia nya berapa aja ya ? misal ini saya ada beberapa list beli 10 item kira2 beratnya mungkin bsa sampai 4kg. itu ongkirnya berapa aja ya kisaranya ?

    itu masnya dapet ongkir ¥111.50 itu beratnya barang berapa kg ?

    • Dei Reply

      Kalo ongkir ke Indonya, itu tergantung barang yang di beli dan beratnya juga. Kalo ada 10 item lalu di kirim dalam satu pengiriman, itu bisa. di hitungnya volume ya.
      Saya lupa lagi, saya pernah melakukan 2 pengiriman. Yang pertama itu pengirman casing pc. lalu yang ke dua Powersupply + mainboard. Ongkirnya terbilang wajar sih. kalo pake yang biasa. di bawah $30 seinget saya. dan itu membutuhkan 2 minggu waktu pengrimannya.

      • $30 itu DHL atau EMS ya ? kalo saya 10 item itu dalam 1 pengiriman sih mas, soalnya itemnya sama.
        saya lihat kan bisa di declare harganyakan ya, dulu pernah declare harga nya berapa ya ? terimakasih

        • Dei Reply

          Saya dulu menggunakan EMS, untuk prosess pengirimanya. iya dalam satu pengiriman. untuk diclare bisa kamu isi sendiri. Silahkan tentukan nominal declarenya. Untuk nominal harganya disesuaikan dengan harga pembelian barang tersebut.

  19. saya coba check di shipping calculator nya superbuy itu tadi sekitar utk berat 4kg itu sekitar $48-50 sih mas itu EMS.
    owh ya 2minggu itu udah nyampek indo nya ?

    wahh klo declare ngikut harga barang aslinya ya jujur aja terlalu baik sih mas, repot juga pajaknya sampek 650k.

    cuma ya makasih mas, udah sharing2 soal superbuy. tinggal angkut2 aja sendiri ini dah. males juga beli di aliex nyangkut di SG nya lama bgt.

    • Dei Reply

      Rata-rata jika menggunakan EMS, biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. itu sudah sampe ke Indonesia. Perlu di ingat, karena sekarang sedeng pademi. beacukai biasanya akan meyimpan dulu barang yang kamu beli. jadi bisa jadi akan lebih lama. Namun jika menggunakan DH prosessnya lebih cepat itu sekitar 3 – 5 hari saja.

      Untuk declare sebenanrya kamu bisa isi harga berapapun sih. jika tidak sesuai biasanya pihak becaukai akan mengecek harga asli. ya kalo lagi hoki bisa ke lolos. Betul banget kalo Aliexpress biasanya mentok di Changhi Airportnya (SG) disana suka lama bisa berminggu minggu. Dulu sih gak sampai selama itu. Bisa jadi efek karena pademi sih. Kalo pengin cepet ya pake DHL , namun ada biaya adminya sekitar 150rb an, itu blm termasuk pajak. misalkan pajaknya 300rb. jadi nya ya 450rb. yang harus di bayar.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.