Belanja di alibaba, Bagi yang belum pernah melakukan transkasi atau baru mau mencoba, ada beberapa hal perlu di perhatikan saat kamu berbelanja di Alibaba. Jika kamu belum mengetahui Situs Alibaba. Alibaba adalah situs khusus untuk business to business atau B2B. menawarkan berbagai macam produk baik dari elektronik hingga otomotif ada. silahkan di cek saja situs Alibaba. Wajib kamu ketahui belanja di Alibaba itu berbeda dengan situs Aliexpress ya, Aliexpress fokus untuk konsumen B2C, Business to customer. jika kamu ingin beli dalam jumlah sedikit misal hanya 10pcs, lebih baik kesitus Aliexpress, saya tidak menyaran belanjad di Alibaba, walau kenyataanya bisa saja.

Berikut 4 Hal wajib kamu ketahui sebelum berbelanja di Alibaba

1. Lihat batasanan meminimum pembelian

Tiap supplier Alibaba menawarkan produk dengan range harga berbeda, dan mereka tidak mematok harga fix, dalam artian mereka selalu memperlihatkan range harga, biasanya tergantung jumlah kuantiti, dengan range 50pcs , 100pcs atau 1000pcs. Dan rata-rata cara berjualan dari tiap supplier di Alibaba lumrah seperti itu. karena fokus di B2B Business.

4 Hal Wajib kamu ketahui sebelum belanja di Alibaba

Contoh kasus diatas, produk yang akan dibeli itu adalah hydrogel screen protector untuk samsung galaxy note, kamu membutuhkan 100pcs, sedangkan pada produk listingnya, minimum untuk order adalah 50pcs dengan harga $2.29. jadi bisa anda beli.

2. Kirim Penawaran

Jika poin pertama bisa, langkah ke-2 adalah kirim penawaran, balik lagi contoh ke poin pertama. Kamu membutuhkan 100pcs, minimum order 50pcs, dengan harga. $2.29. jadi jika kamu melakukam pembelian 100pcs maka total $229. Bisa melakukan penawaran? bisa.

Misalkan kamu ingin manawar dengan harga per satuanya $2.0, bisa – bisa saja, tergantung keahlian anda dalam proses negosiasi. Cara saya sering gunakan untuk mendapat penawaran tersebut, saya selalu bilang saya butuh 100pcs untuk sample, jika produknya bagus dan penjualan bagus, saya akan membeli dengan jumlah kuantiti lebih banyak.

Rata-rata si supplier bersedia.

3. Lihat Harga Jual Pasaran

Sebelum anda menentukan proses penawaran harga ke supplier, lihat terlebih dulu harga pasaran di situs-situs online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, biasanya banyak seller menjual barang tersebut.

Contoh di atas, saya menemukan harga jual rata-rata Rp 100,000 , jadi dengan modal $2.0, sekitar Rp 29,000. Apakah itu sudah bersih keuntungnya? Belum.

4. Biaya kirim, Fee Dan Beacukai

Jangan tergiur dengan harga persatuan, kamu perlu memikirkan biaya lainya juga. keuntungan yang tadinya kamu bayangkan itu adalah Rp. 70,000 tapi itu belum dipotong biaya kirim, fee dan beacukai. Biasanya, semakin banyak barang anda ingin dibeli semakin mahal biaya pengrimannya. Rat-rata supilier disana. metode pengiriman menggunakan DHL, ARAMEX, TNT .

  • Biaya Kirim, Dan rata-rata biaya pengriman untuk 100pcs itu sekitar $40 – 50, jika barang akan dibeli itu casing handphone atau screen protector. Katakanlah $50, jadi per 1 pcs screen protector kamu harus menambahkan biaya pengiriman $0.5.
  • Fee, Alibaba menerapkan fee setiap kali melakukan transaksi, besaranan fee transkasi itu adalah 2,9%. rinciannya seperti ini :
    • Harga barang $2.29 * 100 = 229
      Shipping $50
      Total : $279
      Grand Total ( Total * 2,9% ) = $287.1
    • Jika dirupiahkan dengan kurs Rp. 14,500 adalah Rp 4,162,95
  • Beacukai, Jika dilihat dari nominal total barang, itu sudah melebih batasan max pembebasan pajar dari beacukai, Beacukai hanya akan meloloskan pajak jika total harga barang max $75 atau setara dengan Rp 1,087,500. Sisanya kena pajak. Berapa biaya beacukainya, saya gak bisa jawab secara fix, karena agak rumit. Pengalam saya membeli barang dengan total biaya $100. saja itu dikenakan biaya cukai sekitar Rp 700,000 . Anggap lah Rp 2,000,000 bisa setengah harga dari total belanja. rata-rata yang saya alami seperti itu.

5. Kesimpulan

Jadi jika di rincikan, Rp 7,162,950 / 100, untuk pembelian modal barang, jika di bagi rata ke setiap barang, modal per satu unit adalah Rp 71.629,5 , kamu masih ada untung sekitar Rp 28,000 per satu pcs. Atau kamu pukul rata, setiap keuntungan hanya dapat Rp 25,000. 3000 rupiah anggap lah ada biaya diluar itu. semisal fee kurir (DHL, ARAMEX atau TNT)

Semoga artikel ini bermangfaat bagi kamu ingin belanja di alibaba, tulisan yang saya tulis bedasarkan pengalaman pernah saya lakukan.

Video Artikel

Belanja di alibaba hanya 1 menit
Author

Dei, ber-profesi sebagai tukang gambar, netpreneur, handsome Daddy 😁 dan mantan penulis. Mencoba aktif menjadi penulis lagi. Lihat portfolio saya di theprojekts.com

16 Comments

  1. Halo mas..
    Bolehkah saya dapat alamat email mas nya?
    Saya lagi mau mulai beli barang scra wholesale dr alibaba B2B.

    • Kalo konsultasi 1 on 1, saya tidak menerima ya, mba. mohon maaf 😄. Kalo mau bertanya seputar pembelian barang, silahkan tanyakan saja disini ya. agar orang lain juga bisa melihat jika mempunyai kesulitan yang sama.

  2. Halo pak, saya ingin bertanya.. solusi terbaik saat belanja wholesale dari Alibaba bagaimana ya? Saya akan mengambil baju2 pak. Jika nominal barang yg akan dibeli 8 juta

    • Mksdnya solusi terbaik apa? Ya. Mba tinggal cari supplier yg tepat ajah. Cuman perlu di ingat pajak beacukai untuk baju lebih mahal dr yg pada umumnya. Itu kebijakan per januari 2020.

  3. Selamat sore, Mas mau tanya.
    Saya mau order item 1000pcs dari alibaba dg total 5jtan rupiah atau kurang lebih $200. Itu kita bayar untuk pesanan kita + biaya shipping + saja ya mas? Atau ada yg lain?

    • Sore. Yang harus di bayar, total nilai barang+shipping cost+transaction fee (alibaba)+beacukai.

  4. Pagi pak Dei, terimakasih atas share pengalamannya yg bermanfaat…mau tanya kalo untuk pembayaran itu bisa menggunakan paypal/debit jenius gak yaa??

    • Jika di alibaba hanya bisa melakukan pembayaran dengan ketu debit online atau kartu kredit. Jenius bisa. Mba.

  5. mau tanya mas.. saya mau belanja sepeda di ali baba. tapi seller nya minta bayar secara western union. seharga 500 usd. tanpa melalui proses di ali baba.. gimana ya mas.. mohon infonya?

    • Saya tidak menyarankan, lebih aman menggunakan alibaba platform, jika terjadi kendala nanti kedepanya atau tidak sesuai, bisa naik banding. Untuk pembayaran di alibaba cukup mudah kok, gak harus punya kartu kredit. asalakan punya debit online sudah bisa.

  6. Saya lihat riview diplaystore ada barang yang gak sampai dan uang refund tidak bisa dipakai. Apa benar seperti itu? Kalau benar biasanya, apa penyebabnya?

    • Sepengalaman saya berbelanja di Alibaba, Barang yang saya beli selalu sampai, dan jikapun ada masalah uang saya kembali. dan itu pernah saya alamin. Jadi jika melihat review, sebenarnya kurang setujua sih klo saya. dan juga saya jarang pake aplikasinya, sering saya via website.

      Untuk prosess refund, Alibaba hanya akan melakukan prosess refund via kartu kredit, dan dananya ya bakal masuknya ke kartu kredit, jelas gk bisa langsung di pakai, karena butuh waktu beberapa hari. jika ngarepinya transfer via bank, saya sih belum pernah ya. Baik aliexpress atau alibaba, process refund di lakukan ke Kartu Kredit.

  7. Nicko Poerwitriarto Reply

    Salam…
    Saya akan membeli kursi di Alibaba sebanyak 600 pcs
    Harga satuan 42.8$
    Shipping total 450$
    Total saya harus membayar 26.130$

    Kira² berapa biaya Pajak nya
    Total berapa saya harus mengeluarkan biaya

    (Biaya total item + Shipping Cost + Bea Cukai + Fee dll)

    Terima kasih

    • Dei Reply

      Maaf saya bukan ahli menghitung pajak. kasaranya bisa mencapai 50% dr total pembayaran.

  8. bro,thx sharingnya,jadi 75$ itu batasan kena pajak,75$ itu total harga barang saja,atau termasuk shipping cost dan alibaba fee?
    thx

    • Dei Reply

      Itu termasuk shipping cuman saat ini kebijakannya sudah berubah per januari 2020. Batasanya $5. Di atas itu kena pajak bea cukai

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.